Cara Mempercepat Koneksi Internet Dial-Up

Buat pengguna modem dial-up, kadang harus ekstra bersabar karena kecepatan koneksi internet yang digunakan tidak sebagus modem broadband. Kadang harus merelakan diri untuk ngenet di jam-jam yang tidak ‘biasa’ (seperti subuh atau tengah malam) hanya untuk mendapatkan kecepatan yang bisa dikatakan ‘lumayan’. Terinspirasi dari pengalamanku berikut ini, maka aku berusaha mencari-cari cara mempercepat koneksi internet dial-up. Dan hasilnya adalah seperti yang tercantum di bawah ini:


1. Dari layar windows, klik Start dan Run, lalu ketik gpedit.msc, kemudian klik Ok. Masuk Administrative Templates, klik Network, lalu klik QoS Packet scheduler dan menuju Limit Reservable Bandwidt. Setelah itu ubah setting menjadi Enable dan ubah Bandwidth Limitnya menjadi 0. Klik Apply,ok, dan keluar. Restart komputer. Dengan melakukan ini, kecepatan internet akan bertambah karena windows tidak lagi ‘mencuri’ bandwith internet untuk update program-programnya. Namun patut diingat bahwa ini tidak berlaku jika gpedit.msc tidak ada dalam komputer anda. Jika komputer anda termasuk yang demikian, maka ikuti langkah-langkah berikut:
a.download files yang dibutuhkan disini,
b.ekstrak files tersebut. Anda akan melihat 2 folder, yaitu gpedit dan GroupPolicy.
c. Copy files tersebut and paste di Run %SystemRoot%\system32 atau anda bisa membukanya melalui windows explorer di c: >> windows >> system 32 atau ketik C:\WINDOWS\system32 di Start-Run.
d. Copy files di dalam folder gpedit dan paste di folder system32
e. Copy folder GroupPolicy and paste di folder system32
f. Pergi ke run and ketik CMD atau buka command prompt dengan cara menekan Start-All Programs-Accessories-Command Prompt
g. Ketikkan beberapa commands berikut pada command prompt satu per satu:

regsvr32 gpedit.dll
regsvr32 fde.dll
regsvr32 gptext.dll
regsvr32 appmgr.dll
regsvr32 fdeploy.dll

h. Kemudian keluar, jalankan run dan ketik gpedit.msc. Pasti sudah ada 🙂 Kembali ke pengaturan di atas

2. Gunakan software Internet Download Manager (IDM) versi terbaru untuk urusan download-mendownload. Software ini bisa kubilang sangat luar biasa karena bisa mempercepat download sampai puluhan kali lipat daripada download normal lewat browser. Tapi hati-hati, karena sekali progam ini dijalankan, maka surfing bisa terganggu karena program ini bandwith killer (maklum, software ini memaksimalkan kecepatan download dengan cara ‘menyerap’ bandwith sampai maksmimal). Tapi pada versi 5.19 build 2, hal tersebut sudah diminimalisir, terbukti aku masih bisa browsing meski sedang download dengan IDM. Software ini juga sering macet dalam mendownload, tapi hal tersebut bukan alasan untuk tidak menggunakan software ini karena program downloader yang lain malah jauh lebih parah (nyoba pake download accelator plus malah gak bisa). Software ini aslinya gak free, tapi bagi para kaum kere silakan kunjungi link ini untuk download (sign up dulu buat yg belon punya akun)

3. Tambahkan software Speedbit Video Accelator untuk mempercepat koneksi video streaming (seperti youtube). Serba-serbi software tersebut ada disini (login dulu, ya 🙂 )

4. Instal software NETEagle untuk tweek kecepatan browsing. Software gratis ini bisa didownload di sini. Cukup sekali atur setting, selanjutnya terserah softwarenya 😀

5. Instal software Ultra Net Booster untuk mempercepat akses internet. Software ini dilengkapi dengan speed booster, net pinger, dan ram booster. Selain untuk mempercepat koneksi internet, juga bisa buat memaksimalkan kinerja komputer dan mencegah provider ‘memutuskan’ koneksi secara sepihak. Download filenya di sini

6. Download browser Mozilla Firefox terbaru dan tambahkan add-ons AdBlock Plus (untuk menghadang iklan2 tidak perlu yang ikut menghabiskan bandwith), Flash Killer (sama seperti adblock plus, tapi ini khusus untuk flash), dan Fasterfox Extra (mempercepat kinerja mozilla). Download addons tersebut di sini

7. Sebagai alternatif mozilla, silakan download browser Opera terbaru dan aktifkan fasilitas Opera Turbo (terletak di bagian bawah sebelah kiri). Fasilitas ini dapat meningkatkan kecepatan akses Opera hingga berkali-kali lipat (maksimalku sampai 12x lebih cepat). Gunakan Opera saat koneksi sangat lambat sampai Mozilla tidak bisa mengatasinya (a.k.a sangat sangat lemot) karena kinerja Opera melebihi Mozilla saat koneksi lemot (buka website dengan Opera saat lemot jauh lebih cepat, kadang malah Mozilla ga bisa buka sama sekali kalau terlalu lemot)

Demikian cara mempercepat koneksi internet dial-up yang aku tahu. Page ini akan selalu diupdate apabila aku menemukan info terbaru, jadi sering-seringlah mengunjungi page ini (kalau perlu dibookmark saja 😉 )

Selamat mencoba! ^_^

Baca Juga:

Test Kecepatan Koneksi Internet Hape Modem Smart Haier C700

Review Hape Modem Smart Haier C700 : Harga Nggak Bisa Bohong

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s