Boyband dan Girlband Indonesia : Antara Tren dan Plagiarisme

Sekarang dunia sedang terserang hallyu atau Korean wave. Yang paling mendominasi dari hallyu tentunya boyband dan girlband-nya.  Jumlah penyanyi solo atau duo tidak ada apa-apanya dibandingkan jumlah boyband dan girlband itu. Mereka dilatih bertahun-tahun dan berpostur tubuh nyaris sempurna. Pantas mereka digilai hampir di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Nah, para produser Indonesia yang juga ingin numpang sukses lewat hallyu ini lantas mulai ikut-ikutan membuat boyband dan girlband. Diawali dengan boyband Smash yang awalnya dianggap plagiat dan disusul girlband 7 icons, boyband dan girlband Indonesia terus bermunculan seperti tidak ada habisnya.

Sayangnya, beda dengan boyband/girlband Korea yang dipersiapkan secara matang sebelum debut, boyband/girlband Indonesia hanya dibekali ala kadarnya. Pokoknya ada sekelompok cowok/cewek ngedance sambil lipsync di atas panggung dengan baju bagus, maka itulah girlband/boyband Indonesia. Kadang tampang mereka juga tidak cantik/ganteng amat.Dance-nya juga kadang kaku dan tidak niat (aka asal gerak-gerak gitu).  Suara? Karena bareng-bareng, nggak keliatan mana yang bagus dan mana yang jelek. Lagian sudah direkam ini, tentunya sudah dipoles dengan berbagai software agar kelihatan bagus. Lagu biasanya cover milik penyanyi lain karena persiapan yang minim dan mengejar momen. Namun yang terparah, banyak girlband/boyband Indonesia yang dicap PLAGIAT dari artis luar karena banyaknya kemiripan di antara mereka, entah lagu, konsep, gaya, dll.

Entah para produser sudah stuck, ingin mengekor kesuksesan artis luar, atau menganggap pecinta musik Indonesia tidak pernah mengetahui dunia musik luar negeri, ada beberapa boyband/girlband Indonesia yang dianggap plagiat boyband/girlband luar negeri. Boyband/girlband mana saja yang dituduh mencontek artis luar negeri?

 

7ICONS = SNSD?

Fans berhasil mengambil screenshoots penampilan 7icons dan SNSD. Hasilnya…?

Wah, ternyata memang mirip, ya? Gimana nih koreografer 7icons? :D

 

MAX 5 = BIG BANG?

Ada yang bilang kalau Max 5 mirip dengan Big Bang karena salah satu personilnya gayanya sama dengan Taeyang.Video klip mereka yang berjudul “Cinta Rahasia” juga katanya mirip dengan “With U”-nya Big Bang. Coba saja liat:

 

Max 5:

 

With U :

 

Mirip ya? Dari sepatu yang bawahnya itu warna hijau lah , ada yang gayanya kayak Taeyang tapi kualitas si Max5 kalah sama Big Bang! Tarian dari Max5 ini nggak kompak. Hehehe

 

MOSQUITO = DBSK DAN BIG BANG?
Ini boyband yang katanya ikut-ikut big bang ama DBSK. Yang di atas adalah DBSK dan Big Bang, sedangkan yang di bawah adalah Mosquito. Mirip banget kan?? Kecuali mukanya…

 

5 BIDADARI = WONDER GIRLS?

Wonder girls versi indonesia,hahaha…
Saking suksesnya Wonder Girls sampai di plagiat sangat mirip,hahaha..

 

Apa pihak 5 Bidadari tidak takut di tuntut oleh Pihak JYPE?? bilangnya terinspirasi Wonder Girls, tapi  kalian itu Wonder Girls banget.
Coba deh kalian bandingkan 5 Bidadari dengan wonder girls, kalau bingung kalian bisa liat video ini, dan bandingkan !
Di Opening awal tarian mereka itu sama dengan Opening SoHot dari WG trus selanjutnya NoBody banget dari WG juga. Dan setting kalian juga WG banget, dari pakaian, mix, tarian OH GOD
Sekarang pun mereka bikin pembelaan yang menurutku rada aneh, mereka mengupload Video Supreme come on itu jaman 60an WG memang terinspirasi gaun mereka yang 60an tapi bukan tarian. Sedangkan 5 bidadari super duper Mirip…
Aku sebenarnya gak masalah sama 5 Bidadari tapi kalian bisa tidak untuk mencari Style sendiri, okelah kalau kalian mau dandan era segitu tapi jangan Tarian dan aksi Panggung dunks, sama banget dengan WG. Dan juga Vokal 5 bidadari kurang Yahut. Pesan saja Perbaiki Vokal dulu dan cari Tarian lain yang tidak mirip dengan WG. Okelah kalian terinspirasi WG tapi kenapa harus semuanya mirip sihh?? Itu namanya plagiat bukan….?
SMASH = SMASH VERSI KOREA?
Pada 2008 ada sebuah boyband Korea yang juga bernama SMASH, terdiri dari 6 orang. Inilah Boyband SMASH Korea itu.

Mirip ya dengan Smash Indonesia dan logonya?

Awalnya Smash Indonesia cuma beranggotakan 6 orang namun setelah itu masuklah satu anggota baru sehingga sekarang mereka bertujuh. Smash sendiri mengubah sedikit nama karena banyak yang komplain kalau mereka plagiat.
Menurut fans, smash dari Indonesia mv nya ngejiplak 2PM “10 out of 10″ [special clip for fans].
Mungkin diantara tudingan” plagiat, mereka makin terlihat cacat karena pas intronya mirip dengan “Baby”-nya si Justin Bieber dan konsep mereka merupakan penggabungan boyband” Korea seperti Suju, 2PM, TVXQ, Big Bang, BEAST, 2AM juga.
Menurut saya, grup yang bagus harus punya ciri khas sendiri dan mengembangkan semua kreatifitas.  Tidak masalah hendak “berkiblat” atau “terinsipirasi” oleh siapa saja tapi tentu saja tanpa harus meniru idola tersebut sama persis.Satu hal yang harus dipertimbangkan lagi, orisinalitas karya kita lah yang akhirnya dilihat.

 

CHERRYBELLE=SNSD?

Cherrybelle, girlband dari Indonesia yang mengeluarkan single berjudul Dilema ini sepertinya tidak bisa di pisahkan dari Label PLAGIAT…
Setelah jumlah personil mereka yang berjumlah sembilan orang kini foto-foto mereka di anggap menjiplak girband asal korea Girl’s Generation

269427_195751490473142_193898997325058_519354_4924195_n

263800_202666043115020_193898997325058_546928_576169_n
268150_202666086448349_193898997325058_546929_1809607_n

Lalu lagu Cherrybelle yang berjudul “Bestfriend Forever” sangat mirip dengan “Kissing You” dari SNSD, terutama bagian chorusnya. Hasil analisis chorus dengan chorus SNSD – Kissing you
#1 kita kan selalu bersama = geudaewa bareul matchoomyuh guhdgo
#2 didalam suka duka = nuheh doo soneul japgo
#3 bagi segalanya = Ni uhddae-eh gidaeuh
#4 hanya kau yang ada di hatiku = Gomawo saranghae haengbok man joolgeyo
===================
#1 kita kan selalu bersama = geudaewa bareul matchoomyuh guhdgo
#2 gapai semua cita = nuheh doo soneul japgo
#3 dan meraih dunia = Ni uhddae-eh gidaeuh
#4 walau badai menghadang tak akan kita terluka = Gomawo saranghae haengbok man joolgeyo
#5 you are my best friend forever = kissing you all my love
Bukannya bermaksud menjelekan, dan membandingkan dengan SNSD. tapi dengan jumlah member yang sama, dan chorus yg hampir mirip dgn lagu SNSD – Kissing You,stigma plagiat udah ga bakal bisa dihindari.
Selain itu, di acara SCTV MUSIC AWARD, Cherrybelle niru konsep opening + kostum dari SNSD… silakan liat sendiri…
 
Bandingkan dengan ini:

Bahkan ada berita bahwa SNSD kecewa kalau CherryBelle memplagiat lagu mereka. Liat beritanya KLIK DISINI

Kemiripan Cherrybelle dan SNSD bisa dilihat di video-video ini:

 

 

 

 

 

Yang terbaru, lagu Cherrybelle yang berjudul “Dilema” dituduh menjiplak salah satu lagu milik Ken Hirai.

 

 

Namun karena tidak ada pemberitaan, kabar itu hilang sendiri. Namun saat lagu lain dari Cherrybelle yang berjudul “Brand New Day” muncul, klaim mirip dengan lagu Ken Hirai yang berjudul “Pop Star” datang lagi. Kali ini mereka mengakui kesalahan mereka sebagai berikut:

 

Cherry Belle Akui Single Barunya Mirip Lagu Ken Hirai

Senin, 11 Juni 2012 – 13:29 wib
Maria Cicilia Galuh – Okezone

JAKARTA- Cherry Belle mengakui single barunya “Brand New Day” memiliki sedikit kemiripan dengan lagu milik penyanyi asal Jepang berjudul “Pop Star”.

Tapi, bukan berarti Cherry Belle melakukan plagiat. Kemiripan hanya terdapat di ketukan/iramanya saja, tapi nadanya tidak. Demikian diungkapkan perwakilan manajemen Cherry Belle, Victor, saat berbincang dengan Okezone, Senin (11/6/2012).

“Gue juga kaget banget ada komentar kayak gitu. Jadi 45 menit setelah lagunya dirilis komentar yang bilang mirip itu banyak banget. Kita, manajemen langsung kroscek ke pencipta lagunya. Dia bilang ketukannya dan beat-nya memang sedikit mirip tapi nada yang lainnya enggak,” ujar Victor.

Victor mengatakan pihaknya tidak berusaha membela diri dengan adanya kemiripan tersebut karena dia menyadari bahwa memang ada sedikit kemiripan. Namun menurutnya hal tersebut memang bisa terjadi pada musisi mana saja, apalagi yang beraliran pop.

“Kita di manajemen memang kaget banget dengan kemiripan ini, tapi kita udah langsung menanyakannya sama sang pencipta lagu. Tapi ya namanya lagu pop, nada, ketukan kan disitu-situ aja jadi pasti ada miripnya. Kita bukan membela diri, tapi keadaannya memang kayak gitu,” jelasnya.

Pada 9 Juni 2012 kemarin, Cherry Belle merilis sebuah single baru yang bertajuk “Brand New Day”. Single ini dianggap mirip dengan lagu penyanyi asal Jepang, Ken Hirai yang berjudul Pop Star. Sebelumnya, Cherry Belle juga sempat dituduh telah memplagiat lagu SNSD yang berjudul “Kissing You”. (uky)

 

Hmmh… lain kali lebih hati-hati dong!

 

PRINCESS = AFTER SCHOOL BLUE DAN AKB48?

Kevin Aprilio mengakui terinspirasi oleh After School dalam pembuatan girlband-nya ini. Namun fans berkata bahwa lagu Princess yang berjudul “Jangan Pergi” benar-benar mirip dengan lagu After School Blue berjudul “Wonder Boy”. Benarkah? Liat sendiri di bawah ini:

 

 

Aku sendiri mengakui bahwa dua lagu ini sangat mirip. Heran, padahal Kevin kan anaknya Addie MS yang komposer besar itu, masa nyiptain lagu mirip-mirip dengan lagu orang? :/

Lantas, infotainment  bilang kalau video klip Princess “Jangan Pergi” mirip dengan AKB48 “Heavy Rotation”. Coba liat di bawah:

 

Princess:

 

AKB48:

 

Colorfulnya mirip banget, ya? :D

 

SUPERGIRLIES = BERRYZ KOBO?

Katanya lagu “Malu-Malu Mau” mirip dengan lagu “Rival”-nya Berryz Kobo. Pihak SuperGirlies bilang kalau mereka membeli hak lagu itu, tapi fans meragukan karena nggak ada konfirmasi dari pihak label Berryz Kobo. Lagipula menurutku cukup aneh kalau disebut ‘membeli hak lagu’, soalnya lagunya ada bedanya meski sedikit. Kalau membeli hak lagu kan seharusnya kayak JKT48 yang lagu-lagunya sama dengan AKB48 hanya diterjemahkan ke bahasa Indonesia. Tapi ini nggak sama 100 persen’. Makanya aku curiga, benarkah mereka membeli hak lagu dan bukannya MENJIPLAK?

Liat aja kemiripannya di video ini:

 

 

PLAYBOYZ = SUPER JUNIOR?

Di sini ada gambar PLAYBOYZ dan Super Junior.. Kalian bisa bandingin sendiri deh…

 

 

VANILLA = f (x)?

Lagi-lagi indonesia kedatangan girlband baru yang bernama VANILLA, girlband ini terdiri atas 6 personil. yaitu Tata,Ega,Ica,Mutia,Anna,dan Ilonia.

Berkat beberapa penampilannya dan konsep mereka yang agak cukup berbeda dari girlband lain yaitu salah satu member/personilnya tomboy dengan potongan rambut yang cowok banget!!!, jadinya girlband ini cukup banyak dikenal dikalangan remaja. Tapi tersiar kabar kalau girlband ini adalah plagiat dari girlband korea F(x)

yap mereka dianggap plagiat karena beberapa alasan yaitu aliran musik yang hampir sama. Kedua, membernya yang tomboy itu!. Sepeti kita ketahui salah satu member F(x) amber juga seorang yang agak jauh dari kata feminim… Tapi mari kita sambut aja mereka dengan baik.. dan mudah-mudahan tidak di cap plagiat terus menerus

S98 DAN XO-IX BOY = SUPER JUNIOR DAN SHINEE?
Saksikan cuplikan koreo S98 dan Xo-IX berikut yang mirip dengan Suju dan Shinee:
SUPER JUNIOR – BONAMANA
SUPER JUNIOR – SORRY SORRY
SHINee – LUCIFER
SHINee – Hello
SUPER JUNIOR M – SUPER GIRL
SUPER JUNIOR – MR.SIMPLE
CONCLUSION
Ternyata ada sekian banyak boyband/girlband yang TERLALU TERINSPIRASI dengan boyband/girlband lain di luar negeri sehingga mengarah ke menjiplak. Sebenarnya menurutku sah-sah saja terinspirasi begitu, tapi kalau sampai menjiplak SEMUANYA, itu bukan terinspirasi lagi, tapi sudah PLAGIARISM!Please, Indonesia itu bangsa yang besar dengan sejuta kebudayaan. Kenapa masih harus menjiplak budaya luar sih? Memangnya kalian (baca : para penjiplak) pikir bisa survive dengan menjiplak terus-menerus? Gak, lah, yauw! Sekarang sudah jamannya internet, kalian mau menjiplak dari suku pedalaman pun lamban laun kami pasti akan tahu, dan bukannya pujian yang kalian dapat, tapi HINAAN! Kesuksesan hanya sementara, tapi MALUNYA SEUMUR HIDUP! Apa kalian mau dikenang sebagai PENJIPLAK selamanya?So, bikin boyband/girlband boleh saja, tapi tonjolkan seni orisinalitasnya, oke! Jangan tunggu telur busuk melayang dalam salah satu konser kalian saking muaknya kami melihat PENJIPLAK seperti kalian!
sumber:
http://www.mahasiswafreak.com/2011/07/cherrybelle-vs-girls-generation.html?m=1
http://ophiipantau.blogspot.com/2010/12/boyband-dan-girlband-indonesia-seperti.html
http://golda-emeralda.blogspot.com/2012/02/playboz-indonesia-plagiat-boyband-korea.html
http://kindofans.blogspot.com/2011/01/plagiat-indonesia.html
http://ipopxindonesia.blogspot.com/2011/09/bukti-7-icons-plagiat-snsd.html#.T9BzBUgIqO8.twitter
http://ulfarahmasarii.blogspot.com/2011/04/salah-satu-bencana-musik-indonesia.html
http://sujufemm.wordpress.com/2012/03/28/girl-band-indonesia-vanilla-plagiat-fx/
http://music.okezone.com/read/2012/06/11/386/645031/cherry-belle-akui-single-barunya-mirip-lagu-ken-hirai/14
http://evilkyuchul.wordpress.com/2012/01/17/s9b-dan-xo-ix-boy-band-indonesia-adalah-plagiat-dari-super-junior-dan-shinee-picture/

22 thoughts on “Boyband dan Girlband Indonesia : Antara Tren dan Plagiarisme

  1. setuju banget dengan kamu.Terinspirasi itu bukan berarti harus menjiplak,aku rasa orang-orang indonesia itu sangat kreatif dan pintar,banyak kebudayaan yang bisa diusung kedalam boy band ataupun girl band indonesia,jangan nanti setelah tetangga sebelah klaim budaya kita milik mereka baru kita heboh.Silahkan berkreativitas tapi jangan menjiplak!

    Suka

  2. Yg paling mencolok banget PLAGIATNYA itu Chebok ama Bidadari. Waktu ade q nyalain DVD lagu bidadari (gk tau jdul lgu.a) wow aq kget koq sma gaya bju, perfome ama dnce.a sma WG, trus chebok lgu.a yg Bestfriend emg dah hmpr mrip, memalukan bnget..

    Suka

  3. Nice Info…kamu benar jika mereka terinspirasi bukan berarti semua gaya,dance dan personel nya harus sama seperti GB Korea/BB Korea
    Itu namanya gag Kreatif gag bisa menciptakan ide sendiri…yang paling menonjol Plagiatnya adalah Cherrybelle dan kata Plagiat itu gag akan pernah bisa lepas dari Cherrybelle

    Suka

  4. malu” in
    harus ya boy/ girlband indo jadi plagiat? :'( (menyedihkan)
    klo di korea yg dipilih utk jadi boy/ girlband seleksinya ketat bgt
    tpi klo di indo polwan aja bisa dijadiin girlband

    thx infonya :)

    Suka

  5. setuju banget, boyband and girlband kita ga da yang bagus, semua pada nyiplak !!
    Katanya ‘TERINSPIRASI’ nyatanya ‘PLAGIAT’
    kan buat indonesia malu aja. Tu orang ga pernah berpikir panjang dulu !!

    Suka

  6. Suka banget sama blog ini.. Ckckck, cuma bisa ketawa sendiri bacanya, segitu banget orang indonesia,. Ngakunya emang agak mirip, tapi kok banget? Jadi, apa d0nk namanya??.., kkkk:-P

    Suka

  7. Mau jadi ap indonesia nihh kalo rakyatnya saja plagiat,
    kenapa tidak memanfaatkan budaya indonesia,seperti Reog,kecak,remo dll
    banggalah terhadap negara nya sendiri,bukan malah menjiblak,
    sama saja yang maju bukan indonesia,tapi korea

    Suka

  8. kalo kpop:kalo jelek tinggal d operasi
    kalo ipop:kalo suara-a jelek bisa lypsing
    kpop lebih mendahulukan skill,gb n bb indo lebih mendahuluin tampang

    Suka

  9. 아 진짜 한국인으로서 진심 화난다..
    왜 케이팝 다 따라함? 다른나라라고 다 모를줄 아니? 요즘 컴터가 얼마나 발달되있는뎈ㅋㅋ 다 알고있닼ㅋㅋ 제발 따라한는것도 작작해라:: 너희들만에 스타일을 가져라고:: 내가 인도네시아까지는 못 가지만 인도네시아에 있는 엔터테인먼트가 알아서 잘 처리해줬으면 좋겠네..진짜 제발..

    Suka

  10. Ping-balik: Imitation | Yodia's Site

  11. hufftt .. untung BLINK gaada :) BLINK walaupun namanya hampir sma kyk band barat, tapi arti dari nama BLINK nya beda ! trus, BLINK cptain lagu sendiri :’) yang punya blog BLINK itu plagiat bagi ya . ntr aku baca :)

    Suka

  12. Karena Super Junior, SHINee, DBSK, Big Bang, 2PM, itu Yang membesarkan nama “K-Pop” dan meluncurkan (?) Hallyu makanya diplagiatin. Gua setuju banget! Lagian kalau buat Koreografer,Irama,Lirik,MV,Teaser, Gaya, Photoshoot dll dengan kreatifitas sendiri hasilnya pasti memuaskan dan bangga kan._. Gua emosi bgt ngeliat Super Junior (슈퍼주니어) diplagiatin dimana2…bener pengen kena semprot E.L.F (Fans Super Junior 슈퍼주니어)…. Mana Sok-Sok-an kayak Mr.Simple! ABS juga gak ada-_-” Mukanya item gitu, paling kalau mau photoshoot dikasih bedak gitu buat putihin muka… Oh Ya, rekomendasi buat author, usul Ya thor :^), Kalau ada yang plagiat Kpop-Kpop gitu post lagi yaa, Mudah2an di Album yang udah dirilis 2012 lalu, Sexy, Free & Single, 2013 Super Junior-M Break Down, 2014 Super Junior-M Swing, 2014 Henry Super Junior-M Fantastic, 2014 Eunhyuk&Donghae (D&E / EunHae) Skelleton jangan diplagiat :^) Jeongsonghamnida jadi curcol!

    Suka

    • jangan tinggalin girl grup papan atas bos “So Nyeo Shi Dae” grup Super Junior versi cewek
      dimana mana jadi trend karena mewakili dan mengharumkan nama besar k-pop, .
      so’al boy/girl indo itu plagiat , jelas 99% jilat dari sebelah, yg 1% hasil suara…
      GARIS BAWAH :
      tapi lebih bahaya dan memuakkan adalah, jika di tanya “apakah grup anda terinpirasi dari k-pop” ?
      dan jawabnya “tidak” inilah timbul kebencian yg mendalam bagi penikmat k-pop.

      Suka

      • Setuju Chingu :) sebenernya kita gausah nyalahin NEGARA kita, tapi Ke PEMBUAT ALIRAN IPOP (Khususnya BB/GB) soalnya GB (Termasuk Chebek) itu udah ketauan bgt lypsinc, soalnya temenku yang dulu twibitch jadi chiters cerita, suara orang kalau nyanyi gak bakalan bisa kenceng kalau mau nada tinggi, jadi rata2x, BB/GB Indonesia cuma mau pamer Paha (GB) dan Style (BB) *padahal Stylenya -Kalau gak salah- Rangga Sm*sh, ngikutin G-Dragon (Kwon Jiyong) Big Bang* sumpah, itu fashion item-nya miriip bgt, bajunya juga, cuman beda warna, bajunya GD-Oppa tulisanya warna item, kalau Rang** itu tulisanya warna putih, sama pula tulisanya. Eh, Iya, harusnya kalau ngaku, udah dimaafin *mungkin*. Kalau dijawab “Tidak!” Itu membuat Int’l-kpopers makin membenci Indonesia, padahal orang bule sudah menyukai Indonesia dgn budaya Indonesia, masa’ mau dicoreng nama baik Indonesia? MALU KAN? Untuk para produser GB/BB Indonesia, Saya berharap agar anda membuat girl/boyband dengan ide masing2x, Agnes Mo saja sudah sangat terkenal sama sekali TIDAK meniru gaya Kpop, Jpop, atau Pop-pop apapun itulah. :) setuju chingu^^

        Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s